Mengatasi AC Sering Mati Hidup Sendiri

Pernahkah anda menemui AC Sering Mati Hidup Sendiri ? dan tahukan anda penyebab mengapa pendingin ruangan air conditioner tersebut bisa mati dan hidup dengan sendirinya ?

Mungkin anda pernah menemui kerusakan AC mati hidup sendiri di tempat anda sendiri, di tempat kerja atau mungkin di tempat teman anda.

Menurut cerita dari teman-teman teknisi, memang kerusakan seperti itu sering terjadi terutama pada unit ac split. Kalau di pikir-pikir memang kedengaran aneh, tetapi namanya juga peralatan elektronik, dan tidak bisa di pungkiri kalau kerusakan apa saja bisa terjadi. (

 

Pada kesempatan kali ini akan coba kami jelaskan Penyebab AC Sering Mati Hidup Sendiri dan cara menangganinya supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.
Kerusakan AC seperti itu bisa di sebabkan karena,

1. THERMISE OTOMATIS AC SUDAH TIDAK BERFUNGSI.

Dari penggalaman saya, kerusakan thermise otomatis ac ini sering terjadi pada unit ac merk panasonic dan samsung, tetapi juga bisa terdapat pada merk-merk yang lain. Kerusakan ini terjadi karena massa dari thermise otomatis tersebut sudah habis.

Biasanya kerusakan ini menyebabkan AC tidak bisa di remot, AC mati hidup sendiri. Untuk cara mengakalinya atau menangganinya coba jauhkan thermise atau yang sering di sebut mata kucing thermise itu dari evaporator indoor. Atau mungkin bisa langsung di ganti dengan yang baru dan AC anda akan normal kembali.

2. SWITCH ATAU TOMBOL ON OFF INDOOR TIDAK NORMAL

Kerusakan ac ini biasanya terjadi pada ac merk-merk lama atau bisa di bilang ac yang sudah tua usianya. Switch on off yang tidak normal juga bisa menyebabkan ac mati hidup sendiri.

Untuk mengatasinya dengan cara melangsungkan switch on off tersebut dengan cara di solder, dan untuk menghidupkan dan mematikannya bisa memakai remot. Tetapi ac tidak bisa di hidupkan atau di matikan dengan switch atau tombol on off.

3. ERROR PADA MODUL

Untuk kerusakan yang ini bisa sebabkan karena ac terkena tegangan tinggi atau voltase listrik rendah / tidak normal yaitu jalur pada tombol on off dengan modul terjadi konsleting. Untuk mengatasinya coba periksa modul ac dengan menggunakan tester.

Dan apabila modul ac tidak normal segera perbaiki jalur yang konsleting tersebut. Tetapi kerusakan ini jarang terjadi, dan untuk mencegahnya usahakan menggunakan stabilizer pada ac tersebut supaya arus listrik yang masuk ke ac tetap setabil yaitu 220 Volt.

4. TIMER PADA INDOOR NYALA ATAU AKTIF

Kerusakan ini sangat sering terjadi, biasanya pengguna ac menyalakan timer tetapi lupa untuk mematikannya, dan berpikir bahwa ac tidak normal. Untuk cara mengatasinya cukup matikan timer melalui remote control ac.

Demikan sedikit untuk Cara Mengatasi AC Sering Mati Hidup Sendiri, dan apabila anda masih kesulitan untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan jasa dari tim center technic .

Barang kali dari rekan-rekan pembaca semua memiliki pengalaman yang berbeda tentang memperbaiki ac mati hidup tersebut, silahkan tulis pada form komentar di bawah.

Tentang Kami

Kami adalah penyedia jasa dan material dalam perbaikan ac sejak 2005.

Alamat

Jl. Ciater Bar. No.99a, Buaran, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310 .