Cara Memasang AC dengan Benar

Banyak di antara Anda menyewa orang profesional untuk memasang AC (Air Conditioner) di rumah. Tetapi, jika Anda mempunyai beberapa pengalaman dengan pekerjaan pipa saluran air dan listrik, sebenarnya Anda bisa memasang AC tanpa perlu memanggil orang lain atau teknisi untuk memasang AC di rumah Anda. Sebelum memulai pemasangan, ada beberapa alat yang Anda butuhkan untuk pemasangan nantinya. Alat dan perkakas yang dibutuhkan antara lain:

  • Gergaji pendorong atau gergaji lubang
  • Selotip listrik
  • 2 kunci pas
  • Pengikat kabel
  • Pompa vakum
  • Waterpas
  • Bor dengan mata bor
  • Jangkar plastic
  • Sekrup
  • Penutup dan selotip isolasi
  • Pengikat
  • Busa puliuretan mengembang

Setelah semua alat-alat dan perkakas selesai, langkah selanjutnya adalah memilih lokasi yang tepat untuk menempelkan unit AC indoor sebaiknya pilih tempat yang berbalikan dengan luar ruangan.  Hindari juga cahaya matahari langsung dan sumber panas karena hal ini akan mengganggu sistem kerja AC. Unit Indoor AC membutuhkan 15 cm ruang terbuka mengelilingi bagian atas dan sisi-sisinya. AC Indoor harus ditempelkan minimal 2,13 m di atas tanah. Lalu, pasang AC dekat sumber listrik maksimal 2 meter dari AC. Dinding harus cukup kuat untuk menahan berat unit AC. Anda bisa membuat bingkai kayu atau besi untuk menyediakan bantuan tambahan.

Setelah mengetahui lokasi pemasangan, selanjutnya adalah memasang lempengan besi penyangga AC. Caranya pun tidak sesulit yang dibayangkan. Pertama, tahan lempengan di dinding Anda yang akan dipasang AC indoor nantinya. Kemudian, gunakan waterpas untuk memastikan bingkai berbentuk kotak secara horizontal dan vertikal. Lalu, bor ke dalam dinding pada titik yang pas untuk memasang lempengan di dinding. Dan yang terakhir, masukkan jangkar plastik ke dalam lubang. Kencangkan lempengan pada dinding dengan sekrup.

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang untuk pipa saluran pembuang. Untuk melakukannya, pertama, temukan titik untuk lubang pupa pembuangan air. Pertimbangkan juga panjang pipa dan jarak yang AC Outdoor. Kemudian, bor dinding dengan diameter 7.5 cm. Lubang seharusnya melandai turun menuju AC outdoor untuk memastikan drainase yang cukup. Sisanya, Anda hanya perlu memasukkan pinggiran pipa ke dalam lubang.

Setelah semuanya terpasang, selanjutnya Anda hanya perlu menghubungkan pipa, memilih tempat untuk memasang unit indoor, menyambungkan listrik, dan mengeluarkan udara dan kelembaban dari sirkuit pendingin. Demikianlah cara instalasi AC di rumah Anda.

Saat ini banyak jenis AC yang dijual di pasar, namun pastikan Anda memilih AC terbaik dari Sharp. AC dari Sharp dilengkapi dengan fitur ion generator yang dapat berfungsi tanpa mengaktifkan fungsi pendingin sehingga Anda dapat merasakan udara ruangan lebih bersih dan segar. AC terbaik dari Sharp juga dilengkapi dengan fitur Sleep Mode yang akan menaikkan suhu 1° Celcius perjam sehingga membantu Anda tidur lebih nyenyak dan tidak perlu khawatir kedinginan di pagi hari. AC Sharp juga dilengkapi dengan fitur Laundry Mode yang mampu mengurangi bau pada pakaian yang basah pada saat musim hujan dengan bantuan Plasmacluster ion. Maka pilihlah AC sharp yang sudah terpercaya oleh konsumen Indonesia sebagai AC bintang 4 terbaik di Indonesia.

 

servis ac bsd

Tentang Kami

Kami adalah penyedia jasa dan material dalam perbaikan ac sejak 2005.

Alamat

Jl. Ciater Bar. No.99a, Buaran, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310 .